H-10 Lebaran Jalur Mudik Siap

Media Jateng. Kepala Dishubkominfo Urip Sihabudin mengatakan, kesiapan itu ada dua macam, yakni benar-benar siap karena perbaikan sudah tuntas dan siap dalam arti bisa dilewati dengan penataan tertentu.

Ruas yang diperkirakan belum selesai diperbaiki adalah ruas jalan Batangan-Juwana, Pati. Jalur alternatif melalui Rembang-Sumber tidak menolong karena jalur itu relatif sempit dan rusak di beberapa titik. Urip telah menginstruksikan agar perbaikan jalan berhenti pada H-10. “Meski belum selesai, kami pastikan bisa dilewati dengan lancar,” katanya.

Selain itu, yang juga menjadi perhatian adalah kondisi jalan Tegal-Purwokerto di tanjakan Ciregol, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes. Titik itu ambles dan kini sedang diperbaiki. Penanganan Ciregol kini memasuki pengeprasan tahap II, yakni lajur kanan dari arah Tegal. Tahap pertama (lajur kiri dari arah Tegal) sudah selesai, namun pemanfaatannya belum maksimal karena saat turun hujan licin dan berlumpur. Untuk mengantisipasi, Dishubkominfo menyiapkan alat berat di sekitar lokasi. “Agar kalau terjadi misalnya longsor, bisa segera disingkirkan,” jelasnya. (SM)

Sumber : mediajateng.com